HUMAS FKIP – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih prestasi juara 1 Lomba Microteaching pada Lomba Mahasiswa Tingkat Nasional FKIP Se-Indonesia.

Kompetisi tersebut diselenggarakan di Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 20 Juni 2022—25 Agustus 2022. Pada kompetisi tersebut, tema yang diusung yakni “Inovasi Teknologi dan Digital dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa guna Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0”.

Pada perlombaan tersebut, Inka Pungky Rahmawati, mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2019 berhasil meraih juara 1 lomba microteaching. Diwawancarai oleh tim fkip.uns.ac.id, Inka menyampaikan kesannya atas prestasi yang diperoleh.

“Kesannya sangat senang karena jurinya sangat terbuka dalam menyampaikan kritik dan saran setelah saya melakukan presentasi microteaching. Selain itu, saya juga melatih kemampuan diri saya sendiri dalam menambah skill mengajar,” kata Inka pada Kamis (22/9/2022).

Pada kesempatan tersebut, Inka mempresentasikan materi dengan tema “Laju Reaksi dengan Pendekatan Saintifik dan Model Discovery Learning”. Menurutnya, materi tersebut merupakan materi yang rawan terdapat miskonsepsi.

“Materi yang dibawakan adalah Laju Reaksi dengan Pendekatan Saintifik dan Model Discovery Learning. Alasannya karena laju reaksi merupakan materi yang rawan terhadap miskonsepsi, untuk itu saya mencoba membuat suatu kegiatan pembelajaran yang menarik, dan menuntut siswa aktif agar penyampaian materi pembelajarannya berkesan,” jelas Inka.

Inka juga menjelaskan mengenai teknis perlombaan yang diikuti. Diawali dengan seleksi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hingga melakukan presentasi secara daring.

“Alurnya tentu mengirim RPP dan video pembelajaran dahulu lalu diseleksi sampai hanya tersisa enam finalis kemudian kami melakukan presentasi babak terakhir yang langsung diuji oleh juri-juri kompeten melalui Zoom,” papar Inka.

Di akhir, Inka menyampaikan terima kasih dan berharap rekan mahasiswa dapat menambah prestasi dan tetap semangat.

“Pesannya terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung saya serta dosen-dosen Pendidikan Kimia yang sudah mengajarkan saya mengenai segala hal tentang konten kimia serta cara mengajar yang baik. Semoga semuanya bisa ikut menambah prestasi dan tidak patah semangat dalam menuntut ilmu,” pungkas Inka.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa