FKIP – Rizki Wahyu Perdana, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menorehkan prestasi. Ia berhasil meraih jurara 2 Lomba Tepat Cepat Tingkat Nasional pada ajang Lomba Tepat Cepat Festival Kreativitas Remaja 2022. Perlombaan tersebut dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Jumat (12/8/2022).

Lomba tersebut dilaksanakan oleh TenD For Youth Indonesia dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Bangka Jakarta Selatan dalam rangka memperingati International Youth Day tahun 2022. Tema yang diusung pada kompetisi tersebut yakni “Intergenerational Solidarity: Creating a World for All Ages”.

Diwawancarai oleh tim fkip.uns.ac.id, Rizki menjelaskan bahwa sistem perlombaan terdiri dari tiga babak.

“Sesi perlombaan terdiri dari tiga babak yaitu babak penyisihan menggunakan Google Formulir, babak semifinal menggunakan Kahoot, dan babak Final menggunakan Google Formulir,” papar Rizki pada Kamis (22/9/2022).

Lebih lanjut, Rizki menyampaikan bahwa ada enam juara yang diambil dalam kompetisi tersebut. Rizki juga menjelaskan mengenai materi yang diujikan dalam perlombaan tersebut.

“Materi yang diujikan adalah berupa pubertas, seksualitas, reproduksi, kesehatan dan gizi remaja, perilaku berisiko, tindakan berbahaya, kesiapan berkeluarga, tugas perkembangan dan fungsi keluarga, pengasuhan keluarga sehat, matematika dasar, bahasa, wawasan kebangsaan, dan statistik kependudukan,” kata Rizki.

Rizki menyampaikan kesannya memperoleh juara 2 pada perlombaan ini. Ia mengaku tidak menyangka akan melebihi ekspektasinya.

“Ketika diumumkan jadi juara, prediksi awal sudah mengira. Tapi tidak menyangka akan melebihi ekspektasi minimal hanya menempati peringkat ketiga karena saat final tidak hanya mahasiswa saja yang menjadi saingan bahkan siswa SMA pun mengikuti lomba karena rentang usia nya dari 15-24 tahun,” terang Rizki.

Di akhir, Rizki menyampaikan pesan agar tetap berusaha ketika menekuni dan menyukai sesuatu yang menjadi minat dan bakat.

“Pesan kepada para teman-teman mahasiswa, tetaplah berusaha semaksimal mungkin ketika menekuni dan menyukai sesuatu yang menjadi minat dan bakat kalian. Karena berawal dari yang suka akan menjadi peluang terbesar dalam peningkatan potensi diri,” pungkas Rizki.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa