HUMAS FKIP – Tergabung dalam sebuah tim, dua mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih juara 2 Lomba Media Pembelajaran tingkat nasional Lampion 1.0. Mereka adalah Mohammad Abdul Mukhit dan Rozin Fata Ulwan dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika FKIP UNS.

Lampion 1.0 diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Program Magister dan Doktoral (KMMD) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tema dalam perlombaan ini adalah “Brilliant: Bring Innovation Learning Media to Improve Quality Education”. Terdapat lima subtema dalam perlombaan ini, yaitu Pendidikan Sains, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika.

Dalam perlombaan tersebut, Mukhit dan Rozin mengambil subtema Pendidikan Fisika. Mereka mengusung media pembelajaran fisika berbasis Internet of Things (IoT). Media tersebut diberi tajuk “Inovasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Media Riil Pengosongan Kapasitor untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Waktu Paruh”. Dihubungi tim jurnalis fkip.uns.ac.id, Rozin dan Mukhit mengungkapkan perasaannya ketika dinyatakan sebagai juara.

“Kami merasa excited saat dinyatakan sebagai juara 2. Itu artinya kami mampu bersaing dengan finalis lain sudah bergelar S.Pd. atau sedang menempuh studi S-2. Hasil ini akan kami jadikan sebagai batu pijakan untuk terjun di dunia pendidikan dengan mengembangkan media pembelajaran fisika yang interaktif berbasis teknologi dan mudah digunakan oleh peserta didik,” ungkap Rozin, Sabtu (24/9/2022).

Rozin menambahkan bahwa media pembelajaran yang mereka buat ini juga mendapatkan rekomendasi untuk diikutkan dalam konferensi internasional ICOSETH dan dapat dijadikan sebagai mini riset skripsi mereka.

Mukhit menjelaskan bahwa mereka mendapatkan informasi lomba dari rekannya atau mencari melalui akun media sosialnya. Ia juga menjelaskan bahwa pertimbangannya memilih lomba adalah kesesuaian minat dan kemampuan yang dimiliki,

“Kami mendapatkan informasi lomba dari kakak tingkat kami yang saat ini sedang menempuh S-2 di UNY. Selain itu, kami juga mencari informasi lomba dari jarkoman WhatsApp dan Instagram. Aspek yang kami pertimbangkan dalam memilih suatu lomba salah satunya adalah pemanfaatan draft tugas kuliah atau penelitian dosen yang topiknya dapat diperlombakan. Selain itu kami juga mempertimbangkan minat dan kemampuan yang kami miliki dalam memilih lomba,” jelas Mukhit.

Pada akhir sesi wawancara Mukhit berpesan kepada para mahasiswa untuk mengoptimalkan waktu dengan berkarya. Ia juga mengajak mahasiswa untuk melakukan hal-hal kecil yang bermanfaat secara konsisten.

“Kami mengajak rekan-rakan mahasiswa untuk terus mengoptimalkan waktu yang ada dengan berkarya. Mulai dari hal yang paling kecil terlebih dahulu, tidak melulu dengan ambisi yang besar. Kalau sudah konsisten dalam hal hal kecil, nantinya kita akan mudah menaiki tangga yang lebih tinggi,” ajak Mukhit.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa