FKIP – Agnes Dinar Nugraheni, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ikut serta dalam pelaksanaan upacara hari kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Ia tergabung dalam tim paduan suara Gita Bahana Nusantara yang memeriahkan upacara hari kemerdekaan di Istana Negara. Pada kesempatan tersebut, Agnes bernyanyi dengan jenis suara Alto.

Diwawancarai oleh tim fkip.uns.ac.id, Agnes menceritakan kisahnya menjadi bagian dari Gita Bahana Nusantara.

“Di tahun 2021 sudah mengikuti audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara di tingkat Provinsi Jawa Tengah, tepatnya 10 Juni 2021 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah. Ada 2 tahap, yaitu penyisihan dan final. Pada tahap penyisihan, dipilih 3 orang dari masing-masing jenis suara untuk memperebutkan juara 1 yang akan mewakili GBN tingkat nasional,” jelas Agnes pada Kamis (25/8/2022).

Pada tahap seleksi tersebut, Agnes berhasil meraih juara 1 sehingga ia berhak untuk mewakili Gita Bahana Nusantara di tingkat nasional.

“Luar biasa, masih ngga nyangka. Sangat bangga bisa menjadi bagian dari GBN 2022, rasanya seperti mimpi tapi ini nyata,” ungkap Agnes.

Selain itu, Agnes juga menceritakan pengalamannya berlatih bersama Vidi Aldiano untuk pertunjukan kolaborasi pada sesi hiburan saat upacara kemerdekaan.

“Saat latihan ada Vidi Aldiano karena akan kolaborasi dengan GBN. Jadi, kita sempat ketemu Vidi Aldiano. Selama di Wisma Kinasih, Vidi Aldiano juga datang disana,” tutur Agnes.

Agnes juga menceritakan terkait persiapan upacara hari kemerdekaan yang mengharuskan mereka untuk bangun pukul 23.00 untuk mulai berdandan karena peserta paduan suara Gita Bahana Nusantara mengenakan busana daerah.

Kemudian, Agnes juga mengatakan bahwa ia berkesempatan untuk bernyanyi kembali bersama paduan suara Gita Bahana Nusantara dalam acara Peringatan Hari Konstitusi pada 18 Agustus 2022 di Gedung MPR.

Ketika diwawancarai, Aggnes membagikan pengalaman dan pelajaran yang didapat.

“Banyak pelajaran yang didapat. Dari segi bernyanyi, jadi lebih tau teknik menyanyi yang baik dan benar seperti apa. Mendapat pengalaman-pengalaman yang tidak terlupakan dan bisa mengenal banyak teman dari berbagai provinsi, mengenal bahasa daerah mereka, dan berlatih menjadi pribadi yang lebih disiplin,” kata Agnes.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa