HUMAS FKIP – Prestasi di tingkat nasional kembali diraih oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Prestasi tersebut diraih oleh Tegar Ramadani dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi yang mendapatkan Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Esai Nasional 2022.

Perlombaan tersebut digelar oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi (Himapbio) Universitas Islam Jember yang bertajuk “Biologi Kompetensi Ilmiah Mahasiswa dan Siswa (Biokimia) II”. Adapun, tema yang diusung dalam perlombaan tersebut adalah “Peran Generasi Z dalam Menghadapi Perubahan Iklim Menuju Indonesia Emas 2045”.

Dalam lomba esai yang diikuti oleh berbagai peserta dari perguruan tinggi di Indonesia tersebut, Tegar mengusung gagasan pembuatan tas kertas berbahan dasar eceng gondok. Ia berikan nama produk yang diusungnya “Dompu-Bag”. Gagasan tersebut dilatarbelakangi karena ketersedian bahan baku berupa eceng gondok yang sangat melimpah dan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

Dihubungi oleh tim jurnalis fkip.uns.ac.id pada Minggu (25/9/2022), Tegar mengatakan senang dan bersyukur dengan hasil yang diraihnya. Ia juga mengatakan bahwa hasil tersebut akan dijadikan sebagai motivasi dan evaluasi ke depan.

“Diumumkan sebagai juara pada tanggal 5 September 2022 melalui Zoom Meeting tentunya saya senang dan bersyukur. Ke depan, hasil yang saya peroleh ini akan saya jadikan motivasi sekaligus evaluasi untuk terus mengembangkan potensi yang ada pada diri saya,” ungkap Tegar.

Pada kesempatan yang sama, Tegar juga membagikan caranya dalam mencari informasi-informasi mengenai pelaksanaan perlombaan. Ia mengatakan bahwa ia mencari informasi tersebut melalui akun media sosial Instagram.

“Saya biasanya mencari informasi-informasi mengenai lomba melalui akun media sosial Instagram. Bisa gunakan fitur pencarian dan ketik kata kunci yang mau dicari, misalnya lomba esai. Pencarian bisa disesuaikan dengan minat dan potensi yang dimiliki. Kalau saya biasanya mencari dengan kata kunci lomba esai bertemakan lingkungan,” kata Tegar.

Sebelumnya, Tegar sudah berhasil menorehkan banyak prestasi. Prestasi tersebut diantaranya Juara 1 Lomba Menulis Kritis Universitas Sriwijaya 2021, Juara 2 Lomba Esai Nasional Code K-Risma Universitas Brawijaya 2021, Juara 2 Lomba Esai Nasional FRIC Universitas Negeri Malang, Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Injection Universitas Halu Oleo Sulawesi Tenggara 2022, serta Juara 1 dan Best Idea Lomba Karya Tulis Ilmia ESRC Universitas Udayana Bali 2022.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa