FKIP – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima kunjungan dari FKIP Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) bertempat di Ruang Sidang I Gedung Soemarno FKIP UNS pada Rabu (21/11/2022). Kunjungan tersebut dalam rangka pelaksanaan perjanjian kerjasama penyelenggaraan pendidikan tinggi/perguruan tinggi atau Tri Dharma Perguruan Tinggi yang tugas pokoknya adalah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan saling membantu dengan prinsip saling menguntungkan.

Kegiatan ini dihadiri dari oleh Rektor UMGO, Wakil Rektor UMGO, Dekan FKIP UMGO, dan jajaran pimpinan FKIP UMGO berserta dosen dan staf. Di samping itu turut hadir pula Dekan FKIP UNS, Wakil Dekan FKIP UNS, jajaran pimpinan administrasi, dosen, dan staf FKIP UNS.

Rektor UMGO Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd. menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan sebagai langkah awal untuk kemajuan UNS dan UMGO dengan disepakatinya kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi antara FKIP UNS dan FKIP UMGO.

“Dengan adanya perjanjian Tri Dharma Perguruan Tinggi ini menjadi langkah awal dalam memajukan UMGO dan UNS khususnya FKIP UMGO dan FKIP UNS, sehingga ke depan diharapkan banyak kegiatan yang dapat dilakukan dan dikembangkan dengan bentuk kerja sama-kerja sama lainnya untuk mewujudkan kemajuan universitas dan fakultas menjadi lebih unggul dan berkualitas,” jelas Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd.

Dekan FKIP UNS Dr. Mardiyana M.Si. dalam sambutannya menyampaikan profil, visi dan misi serta sekilas tentang FKIP UNS.

“FKIP UNS memiliki jajaran pimpinan dengan tupoksi tugasnya masing-masing. Pertama ada Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. yang menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan. Selanjutnya ada Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si., sebagai Wakil Dekan Bidang SDM, Keuangan, dan Logistik. Kemudian ada Dr. Djono, M.Pd., yang menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Kerja Sama Bisnis, dan Informasi. Kemudian Yunanto, S.T., M.Si. menjabat Koordinator Tata Usaha, Mila Purani Sistiyan, S.E., M.M., menjabat Subkoordinator Akademik, dan Luhur Sukamto, S.H., menjabat Subkoordinator Non Akademik,” jelas Dr. Mardiyana.

Lebih lanjut, Dr. Mardiyana, M.Si. juga menjelaskan bahwa di FKIP UNS terdapat 48 program studi di antaranya terdapat 5 Program Studi Doktoral, 17 Program Studi Magister, 25 Program Studi Sarjana, serta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang di dalamnya ada 24 bidang studi. Di samping itu FKIP UNS juga terdapat unit-unit kerja yang meliputi Education Development Center (EDC), Unit International Office (IO), Unit Jurnal, Unit Penjaminan Mutu, Koordinator Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIP UNS (KPPMF), Unit Pengenalan Lapangan Persekolahan, Badan Pengelola Usaha Fakultas (BPUF), Unit Kemahasiswaan, dan masih banyak lainnya yang disesuaikan dengan bidang terbentuk.

Selanjutnya Dr. Mardiyana menyampaikan bahwa kerja sama yang terjalin merupakan bentuk kegiatan yang sangat baik untuk saling mendukung dan bersama menjadi yang lebih baik ke depan. Kegiatan kerja sama ini juga diharapkan dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi FKIP UNS dan FKIP UMGO.

“Kami berharap kerja sama yang telah disepakati ini dapat berjalan dan dijalankan dengan baik. Tidak hanya tertulis saja, tetapi bisa dijalankan dengan benar dan baik, sehingga dengan demikian harapannya dapat saling memberikan manfaat dan menjadikan FKIP UNS dan FKIP UMGO bahkan UNS dan UMGO menjadi lebih maju dan lebih baik lagi ke depan,” imbuh Dr. Mardiyana.

Selanjutnya, Dekan FKIP UMGO Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan perjanjian kerja sama pertama antara FKIP UNS dan FKIP UMGO.

“Kegiatan ini merupakan perjanjian pertama antara FKIP UMGO dengan FKIP UNS, sehingga diharapkan dengan adanya bentuk kerja sama Tri Dharma Perguruan dapat dijalankan secara baik dan bisa membuka kerja sama lainnya untuk kemajuan bersama”, tutur Dr. Abd. Hamid.

Pada akhir sambutannya, Dr. Abd. Hamid berharap dapat melakukan kerja sama dengan FKIP UNS dalam hal lain.

“Kami berharap ke depan dapat dikembangkan bentuk kerja sama lain seperti penelitian bersama, program kerja sama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan mengikuti kerja sama yang lain dengan arahan FKIP UNS”, imbuh Dr. Abd. Hamid.

HUMAS FKIP

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa