FKIP – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima kunjungan pembelajaran dari Madrasah Aliyah Al-Hikmah Cirebon pada hari Selasa (15/11/2022) bertempat di Aula Gedung Soemarno FKIP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka kunjungan pembelajaran bagi siswa Madrasah Aliyah (MA) Al-Hikmah untuk mengenal dunia kampus.

Rombongan ini meliputi 7 guru pendamping dan 58 siswa atau santri MA Al-Hikmah. Pada kesempatan tersebut Jajaran Pimpinan Fakultas, Subkoordinator Non-Akademik, Ketua Unit Kemahasiswaan, serta staf dari FKIP UNS hadir untuk menyambut dan menerima rombongan. Dekan FKIP UNS dalam sambutannya yang pada kesempatan ini diwakili oleh Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. selaku Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP UNS menyampaikan informasi sekilas tentang FKIP UNS.

“FKIP UNS terdiri dari 48 program studi di mana terdapat 25 program studi sarjana, 17 program studi magister, 5 program studi doktoral dan 1 program studi pendidikan profesi guru (PPG) yang di dalamnya terdapat 24 bidang studi. Program Studi Sarjana atau S1 terdiri dari Program Studi Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan IPA, Pendidikan Matematika, Pendidikan Sosiologi Antropologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan PPKn, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Luar Biasa, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Solo, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kebumen, Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Teknik Informatika, Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Bahasa Jawa, dan Pendidikan Seni Rupa. Untuk itu, bagi para siswa MA Al-Hikmah bisa memilih sendiri jurusan apa yang mau diambil,” tutur Prof. Slamet.

Selanjutnya, Prof. Slamet juga menyampaikan jalur masuk atau penerimaan mahasiswa baru yang ada di UNS.

“Jalur masuk menjadi mahasiswa UNS ada banyak, yaitu jalur UTBK, Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU), Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD), Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP), Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK), Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM), dan Seleksi Mandiri Jalur Internasional (SMJI), bahkan ada jalur dari Hafiz Quran dengan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, silahkan para siswa dapat memilih jalur mana yang akan diambil untuk masuk menjadi mahasiswa UNS,” ungkap Prof. Slamet.

Pada kesempatan penutup, Prof. Slamet juga menambahkan apabila sudah menjadi mahasiswa UNS, khususnya FKIP akan ada banyak beasiswa yang bisa diambil atau dimanfaatkan. Misalnya, beasiswa prestasi, beasiswa dari kementerian, beasiswa dari stakeholder, dan beasiswa-beasiswa lainnya.

Sumantri, selaku guru pendamping dari MA Al-Hikmah dalam sambutannya menyampaikan tujuan kunjungannya ke FKIP UNS. Ia mengatakan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk pembelajaran sekaligus mengenalkan para siswa terhadap dunia kampus, khususnya di FKIP UNS.

“Kami berterima kasih atas sambutan yang diberikan. Kami juga memohon izin untuk melakukan kunjungan pembelajaran di FKIP UNS dengan tujuan memberikan edukasi atau mengenalkan dunia kampus kepada para santri atau siswa MA Al-Hikmah. Semoga dengan kunjungan ini mereka dapat menentukan studi lanjut ke jenjang sarjana sesuai dengan minat dan bakatnya,” kata Sumantri.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara MA Al-Hikmah dengan FKIP UNS yang dipimpin Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd. selaku Ketua Unit Kemahasiswaan FKIP. Kegiatan kunjungan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan dokumentasi.

HUMAS FKIP

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa