FKIP — Program Studi (Prodi) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Guest Lecture dengan tema “Artificial Intelligence for Learning: Automatic Assessment in Science” secara daring melalui Zoom Meeting pada Jumat (14 dan 21/10/2022).

Pada kesempatan ini, Dr.paed. Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., M.Sc., selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan IPA FKIP UNS memberikan sambutan.

“Saya sangat berharap semua peserta yang tergabung dalam Zoom Meeting ini dapat banyak belajar dari Prof. Minsu Ha dan ini merupakan kolaborasi antara Pendidikan IPA UNS dan Science Education di Kangwon National University,” jelasnya.

Kegiatan dibuka oleh Dr. Mardiyana, M.Si., selaku Dekan FKIP UNS. Dalam sambutannya, Dr. Mardiyana menyampaikan bahwa ia FKIP merasa terhormat atas kunjungan Prof. Minsu.

“Kami merasa terhormat atas kunjungan Prof. Minsu untuk meningkatkan kompetensi lulusan di era global, FKIP UNS yang dikelola oleh Prodi Pendidikan IPA bekerja sama dengan research group Kangwon National University menyelenggarakan visiting professor agar siswa dapat belajar banyak hal menarik,” jelasnya.

Dimoderatori oleh Bayu Antrakusuma, S.Pd., M.Pd., narasumber pada Guest Lecture kali ini yakni Prof. Minsu Ha, Ph.D., selaku dosen di Kangwon National University menyampaikan materi pada hari pertama dengan judul “Assessment and Rubric Design AI and Machine Learning”.

“Asesmen harus memberikan informasi tentang posisi individu dalam pembelajaran dan perkembangan mereka, serta memberi tahu guru merencanakan pembelajaran yang progresif,” jelasnya.

Hal yang perlu dinilai meliputi memori, sikap, pengetahuan, dan kompetensi.

Pemaparan sesi kedua, Prof. Minsu memaparkan materi bertajuk “SAAI System for Quick Analysis of Students’ Response”. SAAI untuk menganalisis respons secara cepat yakni melalui respons-respons siswa yang melewati tahap word extraction, sehingga siswa memperoleh umpan balik.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa