FKIP – Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Diklat Wawasan Kebhinekaan Global untuk Mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab) Kategori II dan Ex-PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) Tahun 2022 pada Sabtu (26/11/2022). Kegiatan tersebut digelar secara luring di Kusuma Sahid Prince Hotel, Surakarta dan daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan dibuka dengan laporan oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) PPG FKIP UNS, yaitu Dr. A.G. Tamrin, M.Pd., M.Si. Ia mengatakan bahwa wawasan kebhinekaan global merupakan salah satu muatan dari kegiatan PPG untuk melahirkan guru-guru yang berkarakter Pancasila.

“Wawasan kebhinekaan global ini memang penting karena merupakan salah satu muatan dari kegiatan PPG di mana guru-guru memiliki karakter yang sesuai dengan nilai Pancasila. Perlu saya laporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenalkan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Salah satu dimensinya adalah wawasan kebhinekaan global,” kata Dr. Tamrin.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan FKIP UNS, Dr. Mardiyana, M.Si. Dalam sambutannya, ia mengajak seluruh peserta diklat untuk mengikuti diklat secara optimal.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan PPG yang mana kami diminta untuk membekali guru-guru dengan wawasan kebhinekaan global, baik bagi Mahasiswa PPG Daljab Kategori II maupun Ex-PLPG Tahun 2022. Mari kita ikuti kegiatan ini secara optimal hingga akhir sehingga nantinya bapak ibu bisa berhasil mengimplemtasikannya dalam PPK maupun P5,” ajak Dr. Mardiyana.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran video pengantar panduan pembelajaraan nilai-nilai kebhinekaan oleh Dr. Iwan Syahril, Ph.D. selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Dalam pengantarnya, ia mengajak para peserta untuk menanam benih perdamaian.

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh akan keberagaman. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia melalui modul pembelajaraan penguatan kebhinekaan secara nyata memberikan penguatan kepada pendidik maupun tenaga kependidikan untuk semakin kuat dalam menjaga NKRI. Mari kita tanamkan benih perdamaian agar bisa memanen perdamaian,” papar Dr. Iwan.

Selanjutnya, adalah pemaparan materi oleh fasilitator PPG FKIP UNS. Materi dalam diklat ini dibagi menjadi 5 topik, yaitu Kebhinekaan Global, Kebhinekaan Nasional, Kebhinekaan Personal, Sekolahku yang Bhineka, dan Sekolahku yang Damai. Selain pemaparan materi, peserta diklat juga diberikan pre-test dan post-test mengenai wawasan kebhinekaan nasional untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka. Kegiatan diklat diakhiri dengan sesi refleksi dan dokumentasi bersama.

HUMAS FKIP

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa