FKIP – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Antropologi (Himadiksan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Anggrasmanis, Jenawi, Karanganyar. Kegiatan yang bertajuk “Mengabdi Desa Mitra” ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan berupa kegiatan mengajar anak SD, permainan anak, kerajinan, dan lomba-lomba. Saat diwawancarai oleh tim fkip.uns.ac.id, dijelaskan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan kestabilan dan kesetaraan mutu pendidikan.

“Target yang diharapkan dari kegiatan tersebut yakni terciptanya kestabilan dan kesetaraan mutu pendidikan. Hal itu dikarenakan posisi geografis Desa Anggrasmanis yang jauh dari pusat kota dan minim sarana prasarana pendidikan sehingga menyebabkan ada perbedaan kualitas pendidikan. Melalui pengabdian masyarakat yang dilakukan, harapannya kami dapat mengimplementasikan salah satu isi tri dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat melalui pengajaran dan pendidikan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa empati dan simpati pengurus Himadiksan terhadap masyarakat dan mempererat hubungan dengan masyarakat,” jelas Hamdha.

Hamdha, pengurus Himadiksan, menyampaikan kesannya mengikuti kegiatan ini yakni sangat senang dan bahagia.

“Kesan dari pengabdian desa mitra ini adalah senang karena kita bisa berbagi ilmu kepada anak-anak di desa dengan memberikan keceriaan kepada mereka. Kegiatan mengajar ini juga bertujuan agar mereka mengurangi penggunaan gadget dan lebih meningkatkan keterampilannya serta menambah pengalaman baru bagi anak-anak di desa Anggrasmanis,” lanjut Hamdha.

Di akhir wawancara, Hamdha turut mengutarakan harapan dari pelaksanaan pengabdian ini.

“Harapannya pengabdian masyarakat di desa Anggrasmanis ini tetap berjalan, khususnya dalam mengajar anak-anak di sana. Kemudian, untuk prodi dan UNS bisa lebih memberikan perhatian kepada himpunan, khususnya di bidang sosial yang memiliki desa mitra agar keberjalanan kegiatan ini dapat didampingi dan diberikan arahan lagi,” pungkasnya.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa