FKIP – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS),  Aulia Zayyan Hanifah, berhasil raih juara Bronze Medal atau juara 3 dalam lomba Mandalika Essay Competition 2024 Tingkat Nasional. Perlombaan tersebut diselenggarakan oleh Nusantara Muda yang bekerja sama dengan Universitas Nahdlatul Wathan Mataram.

Perlombaan yang diikuti oleh Aulia Zayyan Hanifah ini merupakan perlombaan kelompok, tidak hanya Aulia Zayyan Hanifah, perlombaan tersebut diikuti oleh Aulia beserta kedua rekannya,  Citra Mentari dari Program Studi Pendidikan Kima dan Trisna Aini Prabandari dari Program Studi Pendidikan Ekonomi. Ketiganya mengikuti lomba esai yang bertemakan teknologi dan inovasi.

Pada perlombaan tersebut, esai yang mereka sertakan dalam perlombaan, berkaitan dengan kreativitas generasi muda dalam pemanfaatan teknologi dan inovasi untuk Indonesia yang lebih maju. Tema yang mereka ajukan dalam perlombaan esai tersebut ternyata berhasil meraih juara 3 dengan penghargaan Bronze Medal.

Ditemui oleh Tim Jurnalis FKIP, Aulia mengaku senang dan kaget mampu meraih juara 3 karena banyaknya finalis yang bersaing dalam perlombaan tersebut. Aulia mengaku bahwa mengikuti perlombaan ini menjadi salah satu pengalaman yang seru baginya. Melalui perlombaan tersebut juga, ia dapat bertemu dengan banyak orang-orang baru dengan berbagai latar belakang yang berbeda, sehingga dapat menambah relasinya.

Persiapan lomba yang dilakukan oleh timnya juga sangat banyak. Aulia menyiapkan lomba esai bersama dengan timnya itu selama lebih dari 4 bulan. Lomba ini awalnya diseleksi pada tingkat UKM Fakultas, yakni UKM LSP FKIP UNS. Setelah lolos pada tingkat fakultas tersebut, esai yang telah mereka ajukan lalu didaftarkan ke perlombaan MEC. Hingga akhirnya pada bulan Januari, tim Aulia dinyatakan lolos menuju babak final. Tidak hanya sampai di situ, saat dinyatakan lolos ke babak final, tima Aulia masih mempersiapkan banyak hal hingga dinyatakan sebagai juara 3.

“Sampai di babak final, kami harus mempersiapkan poster, PPT, dam video untuk dipresentasikan. Kami diberikan waktu 1 bulan untuk menyelesaikan syarat-syarat mengikuti final tersebut. Lalu, di rentang waktu 1 bulan tersebut, kami juga disibukkan dnegan pengajuan dana delegasi lomba ke fakultas,” ungkap Aulia.

Atas keberhasilan yang telah dicapai dari usahanya tersebut, Aulia berharap ke depannya dapat mengikuti lebih banyak perlombaan lagi. Ia selalu berusaha untuk tidak pernah takut memulai hal baru dan mencoba berani keluar dari zona nyamannya. Aulia juga berharap bahwa apa yang telah ia peroleh tersebut mampu dijadikan sebagai motivasi bagi temna-temannya untuk ikut antusias dalam mengikuti berbagi perlombaan.

HUMAS FKIP

Reporter: Nila Prihartanti
Editor: Budi Suseno

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa