FKIP – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS), telah usai selenggarakan acara Silaturahmi dan Halal Bihalal yang diikuti oleh seluruh civitas academica di FKIP UNS. Acara ini diselenggarakan secara luring pada Rabu (17/4/2024) bertempat di Aula Gedung F Lantai 3 FKIP UNS.

Acara silaturahmi dan halal bihalal ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran yang dibawakan oleh Mukhlis, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FKIP UNS, Prof. Dr. Mardiyana, M.Si. Beliau mengucapkan hari raya idulfitri dan permohonan maaf kepada seluruh keluarga besar FKIP UNS. Selain itu, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdikan dirinya untuk kemajuan tugas di FKIP UNS.

“Pada kegiatan ini, kami mengambil tema penguatan iman dan takwa dalam meningkatkan kualitas institusi. Terkait dengan kegiatan kita hari ini, berhubung kita sudah menjalani puasa selama satu bulan ramadan, tentunya semakin meningkat iman dan takwa kita. Iman dan takwa kita yang meningkat tentunya perlu diimplementasikan di kehidupan kita, khususnya di institusi FKIP. Ketika iman dan takwa kita meningkat, perilaku kita juga mengarah pada hal-hal yang baik. Demikian juga aktivitas-aktivitas kita di institusi, diharapkan dapat meningkat kualitasnya,” ujar Prof. Dr. Mardiyana

Selanjutnya, Plt. Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana Girsang, S.H., S.E., M.H., juga berharap setelah dilakukannya ibadah puasa ramadan selama satu bulan penuh, dapat dijadikan pengamalan iman. Hari raya idulfitri dapat dijadikan perenungan bagaimana menjadi manusia yang lebih baik, utamanya dalam menjalankan tugas dan kewajiban di institusi FKIP UNS.

“Hal pertama dalam kita merenungkan perayaan hari raya idulfitri adalah bagaimana kita selalu berusaha menjadi manusia yang lebih baik. Sehingga tema yang diambil oleh FKIP, yaitu penguatan iman dan takwa dalam meningkatkan kualitas institusi harus menjadi ikhtiar bersama yang kita ikhtiarkan mulai saat ini. Peningkatan mutu lembaga bagi FKIP, bagi saya merupakan hal yang sangat penting. Dari sekian fakultas yang ada di UNS, bahwa FKIP merupakan fakultas yang utama karena inputan dari fakultas yang lain itu tergantung dari bagaimana kualitas pendidik yang dilahirkan oleh FKIP. Apa yang ingin kita capai dengan peningkatan mutu lembaga FKIP, bukan sekadar banyaknya jumlahnya doktor, tenaga dosen, bukan hanya hasil kualitas penelitian kita yang mendapatkan peringkat, tapi bagaimana kita bisa melahirkan lulusan FKIP ingin menjadi guru,” ujar Dr. Chatarina.

Pelaksanaan silaturahmi dan halal bihal ini, selanjutnya diisi tausiah oleh Ustaz KH. AM. Mustain Nasoha, S.H., M.H., M.A. Dalam tausiahnya, beliau menyampaikan bahwa sesama manusia hendak saling bermaafan atas semua kesalahannya.

“Di Quran disebutkan kalau ingin hidupnya dan lembaganya maju menurut ahli tafsir, maka jadilah suatu lembaga yang berebut untuk memberi maaf. Jadi, kalau FKIP ini ingin semua akreditasinya unggul, maka sebelum tidur semuanya berikrar untuk memberikan maaf kepada siapa pun yang bersalah. Selain itu, untuk meningkatkan mutu lembaga, ada satu tafsir bagus, yakni utamakan nasionalisme, tidak memandang agama saat sudah berkumpul” ujar Ustaz KH. AM. Mustain Nasoha

Pada akhir acara, halal bihalal ditutup dengan doa bersama Ustaz KH. AM. Mustain Nasoha dengan seluruh keluarga besar FKIP UNS dan tamu undangan. Ustaz KH. AM. Mustain Nasoha berharap atas kemajuan dan kesuksesan FKIP UNS mendatang.

HUMAS FKIP

Reporter: Nila Prihartanti
Editor: Budi Suseno

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa