FKIP – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS),  Salsabila Rahma Putri berhasil meraih juara 1 dalam pemilihan Duta Genre Jawa Tengah tahun 2024. Kompetisi ini diadakan oleh BKKBN Jawa Tengah pada Senin (29/04/2024).

Salsabila berhasil meraih juara 1 Duta Genre Putri, sebagai perwakilan dari Kabupaten Sukoharjo. Sebelumnya, ia juga terpilh menjadi juara 1 Duta Genre Putri Kabupaten Sukoharjo, kemudian melanjutkan perjuangannya untuk mewakili Kabupaten Sukoharjo untuk dapat maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dalam kompetisi tersebut, Salsabila mampu mengalahkan 35 perwakilan Duta Genre Putri dari seluruh Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah.

Ditemui oleh Tim Jurnalis FKIP, ia mengaku tidak menyangka mampu mengalahkan finalis-finalis dari berbagai Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Tengah. Salsabila merasa sangat bangga mampu meraih Juara 1. Ia juga merasa sangat berterima kasih kepada Forum Genre Kabupaten Sukoharjo yang telah banyak membantunya dalam kompetisi ini.

“Saya tidak menyangka sama sekali karena memang seluruh perwakilan Duta Genre Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah memberikan penampilannya yang luar biasa. Tetapi di sisi lain, saya sangat bersyukur bisa diberikan amanah sebagai Juara 1 Putri Duta Genre Jawa Tengah 2024. Saya merasa bangga terhadap diri sendiri dan juga kepada teman-teman Forum Genre Sukoharjo serta orang tua yang sedia membantu dalam persiapan Apresiasi Duta Genre Provinsi Jawa Tengah 2024,” ungkap Salsabila.

Sebelum dinyatakan sebagai juara, Salsabila mengikuti serangkaian seleksi yang cukup panjang. Ia mengaku banyak tantangan yang harus dilaluinya sebelum masa karantina. Mulai dari persiapan administrasi, latihan bakat, penyuluhan dan kegiatan lainnya juga telah dilakukan. Saat Karantina, yang diujikan antara lain, tes tertulis, tes motion, tes penyuluhan, tes FGD, dan tes minat bakat.

Dalam pemilihan Duta Genre Jawa Tengah ini, Salsabila menginisiasi program kerja unggulan, yakni Gradasi Kirana (Gali Potensi, Kiat Remaja Bermakna). Program Kerja Gradasi Kirana merupakan program kerja yang berfokus pada 4 subprogram utama, yakni konseling remaja, stunting, lifeskill, dan berbagi informasi melalui media sosial. Melalui program kerja tersebut, Salsabila berharap program kerjanya dapat menjadi wadah aktualisasi diri bagi remaja dalam mengembangkan lifeskill sehingga menjadi remaja yang berencana untuk masa depan yang cerah.

Melalui kompetisi ini, Salsabila berharap dirinya dapat memberikan ajakan-ajakan positif bagi lingkungannya. Ia berharap dapat menginspirasi remaja di Jawa Tengah dan programnya dapat memberikan manfaat yang positif bagi seluruh remaja, khususnya remaja di Jawa Tengah. Ia juga berharap nantinya dapat membantu remaja untuk lebih aware terhadap diri sendiri dan merencanakan kehidupannya, mulai dari pendidikan, karir, hingga kehidupan berkeluarga nantinya.

HUMAS FKIP

Reporter: Nila Prihartanti
Editor: Budi Suseno

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa