FKIP UNS – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan seminar bertajuk “Optimalisasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Deep Learning pada Mata Kuliah Penciri FKIP” di Aula Lantai 6 Gedung Pascasarjana UNS pada kamis (22/5/25). Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang ahli dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran yang lebih transformatif dan bermakna.
Seminar ini dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP yang diwakili Wakil Dekan Bidang Akademik dan Penelitian FKIP UNS, Dr.paed. Nurma Yunita Indriyanti, S.Pd., M.Si., M.Sc. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal dalam memperkuat kapabilitas dosen dalam merancang pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga mendalam dan berpusat pada peserta didik. “Semoga acara ini menjadi langkah awal kita bersama dalam membangun pembelajaran yang lebih berkualitas, bermakna, dan transformatif,” ujar Dr.paed. Nurma.
Setelah prosesi pembukaan dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi inti. Materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Waras Kamdi, M.Pd., dari Tim Pengembang Deep Learning – Kemdikdasmen RI. Dalam paparannya, Prof. Waras menjelaskan Kerangka Kerja Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) sebagai pendekatan pedagogis yang mampu menggali potensi peserta didik secara maksimal melalui aktivitas berpikir kritis, reflektif, dan kolaboratif.
Selanjutnya, Prof. Dr. Sarwanto, M.Si., selaku Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS, menyampaikan materi mengenai Integrasi Deep Learning pada Perangkat Pembelajaran. Beliau menekankan pentingnya inovasi dalam penyusunan RPS dan RPP yang adaptif terhadap perkembangan zaman dan kebutuhan pembelajaran abad ke-21.
Sesi pemaparan ini dipandu oleh moderator Agus Tri Susilo, S.Pd., M.Pd., yang juga merupakan Koordinator Tim Mata Kuliah Penciri FKIP. Selama kegiatan berlangsung, peserta tampak antusias mengikuti paparan dan berdiskusi aktif dengan narasumber.
Dengan terselenggaranya seminar ini, FKIP UNS berharap dosen-dosen dapat mengimplementasikan pendekatan deep learning dalam praktik pembelajaran, khususnya pada mata kuliah penciri yang menjadi identitas dan ciri khas fakultas. Seminar ini diakhiri dengan sesi dokumentasi dan penutup, menandai komitmen FKIP dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui inovasi pembelajaran yang berkelanjutan.