FKIP – Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Kuliah Umum bertemakan “Peran Institusi Pendidikan dalam Pengembangan E-Commerce” pada Kamis (22/2/2024). Kuliah umum tersebut digelar secara luring di Aula Lantai 3 Gedung G FKIP UNS.

Dimoderatori oleh Khresna Bayu Sangka, Ph.D. selaku Dosen Pendidikan Ekonomi FKIP UNS, kuliah umum ini menghadirkan seorang narasumber. Narasumber tersebut adalah Rifan Ardianto, Ph.D. Ia merupakan Direktur Direktorat Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa Kementerian Perdagangan Indonesia.

Rifan, Ph.D. memaparkan materi dengan judul yang sama dengan tema kuliah ini. Ia memulai pemaparan materi dengan menjelaskan potensi ekonomi digital Indonesia. Ia menyebutkan bahwa Indonesia potensi ekonomi digital karena populasi penduduk Indonesia yang mencapai 276,4 juta dengan dominasi usia produktif sekitar 191,08 juta, mobile connections sekitar 353,8 juta, dan waktu yang digunakan untuk media digital sekitar 7 jam 42 menit menyebabkan pengguna internet terus meningkat.

Kemudian, ia juga menjelaskan 5 sektor ekonomi digital yang tumbuh di Indonesia, perkembangan sektor e-commerce Indonesia, dan kebijakan terkait perdagangan melalui sistem elektronik. Ia juga mengungkapkan bahwa terdapat beberapa upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam pengembangan ekonomi digital.

“Pemerintah telah mengupayakan pengembangan ekonomi digital dalam Buku Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030. Upaya tersebut diwujudkan dalam 6 bidang, yaitu infrastruktur; sumber daya manusia; iklim bisnis dan keamanan siber; riset, inovasi, dan pengembangan usaha; pendanaan dan investasi, serta kebijakan dan regulasi,” ungkap Rifan, Ph.D.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan 4 peran yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi dalam upaya-upaya pengembangan ekonomi digital. Keempat peran tersebut adalah menyediakan pendidikan, penelitian, dan inovasi tentang e-commerce bagi mahasiswa; mengembangkan inkubator dan akselerator bisnis; menyediakan ruang dan fasilitas untuk membentuk komunitas e-commerce; dan mendorong semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa untuk mengembangkan bisnis e-commerce.

“Apa peran yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi? Pertama, adalah menyediakan program pendidikan yang mencakup keterampilan dan pengetahuan tentang e-commerce bagi mahasiswa dan mendukung penelitian di bidang e-commerce untuk menghasilkan inovasi dan solusi baru,” jelas Rifan, Ph.D.

HUMAS FKIP

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Budi Suseno

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa