FKIP – Rabu (17/4/2024), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan penghargaan kepada program studi (prodi) yang memiliki pencapaian kinerja kerja sama yang baik. Penghargaan tersebut diberikan pada acara Silaturahmi dan Halal Bihalal yang diikuti oleh seluruh sivitas akademika FKIP UNS di Aula Gedung F Lantai 3 FKIP UNS.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Mardiyana, M.Si. menyampaikan bahwa pengukuran dari pemberian apresiasi ini dilakukan berdasarkan pencapaian 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) yang difokuskan pada kinerja unit kerja sama masing-masing program studi.

“Pada kesempatan ini, kami juga memberikan penghargaan kepada program studi yang memiliki kinerja kerja sama yang baik. Pengukuran yang dilakukan berdasarkan pencapaian 8 IKU yang difokuskan pada kinerja unit kerja sama masing-masing program studi,” kata Prof. Mardiyana.

Salah satu poin IKU adalah program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia. Artinya, pihak program studi atau perguruan tinggi menjalin kerja sama dengan mitra, yaitu perusahaan dan industri yang nantinya saling berkolaborasi untuk mendapatkan manfaat besar.

Kerja sama ini bisa dalam bentuk program magang sehingga mahasiswa di suatu perguruan tinggi berkesempatan untuk praktik kerja langsung di suatu perusahaan. Bagi mahasiswa tentu bisa belajar berbagai keterampilan yang memang dibutuhkan di dunia kerja sehingga mereka akan menjadi lulusan yang tanggap terhadap perkembangan zaman.

Juara 1 Prodi dengan kinerja kerja sama terbaik adalah Prodi S-1 Pendidikan Fisika. Kemudian, juara 2 diraih oleh Prodi S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Sementara itu, juara 3 diraih oleh Prodi S-1 Pendidikan Sejarah.

Prof. Mardiyana berharap penghargaan ini menjadi acuan dan semangat bagi prodi yang ada di FKIP UNS untuk terus mencapai 8 IKU sehingga mendukung program UNS menjadi world class university.

“Kami berharap dengan adanya penghargaan semacam ini akan memotivasi tiap unit kerja di program studi untuk meningkatkan kinerja pencapaian 8 IKU. Dengan mencapai 8 IKU maka kita akan mendukung program dari UNS untuk menjadi world class university,” harap Prof. Mardiyana.

HUMAS FKIP

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Budi Suseno

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa